Selasa, 30 Mei 2017

ANALISA ASPEK INTERFACE IMK PADA WEBSITE BUKALAPAK


Pada dasarnya, fokus dari IMK atau Interaksi Manusia dan Komputer adalah Perancangan dan evaluasi antarmuka pemakai (user interface) pada suatu sistem. UI atau User Interface dapat diartikan sebagaibagian sistem komputer yang memungkinkan manusia berinteraksi dengan komputer secara langsung.




Kriteria dari User Interface yang Friendly antara lain :

  1. Memiliki tampilan yang bagus
  2. Mudah dioperasikan
  3. Mudah dipelajari
  4. Sering dugunakan oleh pengghuna dari remaja hingga orang tua
  5. Jika terjadi error pihak BUKALAPAK langsung memperbaikinya 


Dalam kasus ini, saya akan mencoba memberikan pendapat mengenai user interface yang di tampilkan pada laman resmi BUKALAPAK yang beralamat di http://www.bukalapak.com/ BUKALAPAK sendiri merupakan salah satu layanan e-commerce (online shopping) yang cukup digemari oleh masyarakat. Untuk itu saya akan mencoba menganalisa bagaimana user interface dari web BUKALAPAK, kemudahan apa saja yang ditawarkan oleh website ini dan menemukan sisi lemah untuk kemudian dianalisa dan menjadi dasar pengembangan website.



Berikut adalah poin-poin yang akan saya gunakan dalam mengkaji web BUKALAPAK, http://www.bukalapak.com/:
  1. Readability
  2. Ketepatan
  3. Mobilitas Konten
  4. Efesiensi



Analisis dan evaluasi web BUKALAPAK :

  1.  Readibility

Parameter ini menyangkut bagaimana kemudahan user untuk membaca sebuah informasi yang didapat dari sebuah web yang diberikan ataupun mencari informasi yang diinginkan dari sebuah web. Di website BUKALAPAK ini pengguna diberikan beberapa pilihan baik pada menu maupun pada halaman utama.


Jika pada menu (lingkar merah) adalah nama dan sekaligus menu home BUKALAPAK saat diklik akan masuk dan kembali ke menu utama. Lalu pada (lingkar hijau) pengguna tidak usah melakukan aksi peng-klikan melainkan hanya mengarahkan pointer pada tab yang diinginkan. BUKALAPAK menyediakan kemudahan seperti pembayaran dan Top Up, Token listrik, Buka Dompet, Tiket Pesawat,Situs jual beli online mudah & nyaman



Pengguna juga diberikan pelayanan berupa menu untuk mendaftar, login, dan sebagainya yang berkaitan dengan pemberian info dari pengguna kepada official maupun sebaliknya.

Logo perusahaan dalam website-nya merupakan suatu hal yang sangat penting, karena dengan adanya logo, dapat mencerminkan perusahaan tersebut atau dapat menjadi brand perusahaan itu. Sebenarnya, bukan hanya logo saja yang menunjukkan brand suatu perusahaan, akan tetapi ada beberapa hal juga yang dapat menunjukkan brand suatu perusahaan, yaitu slogan, warna website , dan produk/jasa layanannya. Atribut-atribut tersebut memberikan identitas dan kepribadian pada individu, organisasi, ataupun perusahaan.

Logo yang ditampilkan pada web BUKALAPAK ini sudah benar berada pada sebelah kiri atas halaman, dan disertai pula dengan nama perusahaannya, BUKALAPAK. Letak logo pada kiri atas sudah menjadi aturan umum dalam merdesain suatu web.




Penataan produk yang sedang mendapatkan diskon dan promo tersusun rapih sesuai dengan kategori, kemudian ketika melakukan scroll secara otomatis bagian menu dan logo akan tersembunyi sehingga menambah keluasan layout ketika melihat produk.

Pemberian dan pemilihan warna dan gambar untuk mempercantik tampilan juga diperlukan untuk menambah daya tarik konsumen / user dalam menggunakan sistem yang didapatnya. Di website BUKALAPAK ini mencampurkan cenderung warna merah dan terlihat nyaman ketika dipandang, dan warna yang dipakai konsisten disetiap halamannya yang juga menjadi ciri khas dari website ini. Selain itu penggunaan font huruf yang jelas namun dapat dibaca oleh semua kalangan juga mendukung daya tarik dari interface web ini serta pewarnaan merah pada font untuk harga juga sangat membantu untuk pengguna untuk memudahkan dalam mengetahui harga tanpa kesulitan mencari.

       2. Ketepatan


Penempatan kolom pencarian sudah tepat berada di halaman utama sehingga pengguna dapat dengan mudah mencari produk yang diinginkan. Web ini juga menyediakan kolom disebelah kiri untuk mempermudahkan pengguna mencari produk yg sesuai dengan kategori berdasarkan kategori, urutan, lokasi, harga, toko yang diinginkan, kondisi serta pengiriman dan penerimaan, serta peringkat dari produk.


  3. Mobilitias Konten
 

Web ini menyediakan aplikasi seluler yang dapat diunduh di APP STORE dan GOOGLE PLAY sehingga mendukung platform smartphone yang kini digunakan serta untuk memperluas jaringan dibuatlah link ke media sosial via Facebook, Twitter, googleplus, Pinterest dan instagram .


 5. Efesiensi


Dari segi efisiensi, menurut saya web BUKALAPAK cukup efisien dalam menjawab kebutuhan user dalam hal mendapatkan hal-hal yang umumnya diinginkan user ketika ingin memesan tiket penerbangan online secara cepat dan mudah sehingga user merasa dimanjakan dengan fasilitas yang diberikan pada web ini. selain itu tampilan yang interaktif, tak terlalu mengganggu dan nyaman untuk dipandang menjadikan user untuk diarahkan secara cepat dan mudah untuk mendapatkan informasi yang diharapkan sehingga user menjadi puas dari pelayanan yang diberikan oleh web ini.



Referensi :
https://www.wikipedia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar